Selasa, 24 November 2009

Resensi Karya Siswa (2)

DUA SAHABAT YANG BURUK RUPA

Judul Novel : Uglyphobia
Pengarang : Queen Soraya
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta
Tahun Penerbit : 2008
Cetakan : Pertama
Tebal Halaman : 173

Novel yang berjudul Uglyphobia, yang dikarang oleh Quenn Soraya ini menceritakan dua sahabat yang bernama Garnet dan Vero merupakan sahabat yang sahabat yang sangat sempurna. Bahkan, keduanya tidak dapat dipisahkan, keduanya bersahabat sejak SD. Dan saling melindungi antara kedua sahabat tersebut.
Garnet dan Vero juga kompak dan yakin bahwa dirinya paling cantik. Garnet merupakan anak yang tidak suka makan sehingga postur tubuhnya sangat kurus sedangkan Vero adalah kebalikannya dari Garnet yaitu suka makan dan ngemil dimanapun, kapanpun, Vero selalu makan atau membawa makanan.
Beberapa bulan kemudian, Vero memaksa dirinya untuk ikut operasi sedot lemak, sedangkan Garnet cintanya ditolak oleh anak yaling cakep dikelasnya dia bernama Alan. Setelah cintanya Garnet ditolak , Garnet tidak mau dihina oleh Alan tapi juga diolok-olok oleh Geng CANTIK dikelasnya. Setelah cinta Garnet ditolak, Garnet berusaha untuk melupakan dan mencari penggantinya. Tak lama kemudian Garnet sudah menemukan penggantinya dia bernama Rizki. Rizki merupakan anak yang mempunyai sikap baik hati dan penyabar. Setelah itu Garnet menjalani operasi plastic karena dia disuruh oleh kedua orang tuanya dan Rizki.
Satu bulan kemudian Garnet masuk kampus. Bahkan semua anak terkejut oleh kecantikan Garnet, karena wajah yang buruk kemarin sudah berubah menjadi lebih cantik. Semua anak dikampus sudah tidak lagi membenci Garnet disisi lain Alan pun berusaha untuk meminta maaf kepada Garnet atas hal yang pernah diperbuatnya.
Tema dalam Novel ini cukup menarik. Karena tentang kisah percintaan dan perjuangan gadis yang ingin tampil cantik, yang pasti akan banyak disukai oleh pembaca dikalangan Remaja, Mahasiswa dan semua orang yang pernah mengalaminya.
Alur dalam Novel ini runtut karena Novel ini diceritakan mulai awal hingga akhir secara runtut, dan mudah dipahami oleh semua pembaca. Sementara, setting cerita yang disuguhkan oleh Queen Soraya ini adalah dunia kampus, rumah, kamar, rumah sakit, mall, kafe, dan masih banyak lagi tempat–tempat yang belum saya ketahui, karena tentang lingkungan kampus yang saya tidak mengerti.
Watak dalam Novel ini mudah dipahami karena masing- masing pelaku memiliki watak yang berbeda- beda. misalnya , Garnet memiliki sifat yang berani oleh siapapun tapi juga sangat baik hati, Vero memiliki sifat yang sabar dan baik, Alan memiliki sifat yang jahat dan sombong, Rizki memiliki sifat yang ramah dan baik dan Geng CANTIK memiliki sifat yang sombong dan jahat.
Bahasa yang digunakan dalam Novel ini mudah dipahami oleh kalangan Remaja karena bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari- harridan bukan bahasa formal.
Amanat yang dapat diambil dari Novel ini, jangan menilai orang dari fisiknya saja tapi harus menilai seseorang pada inerbeauty nya, dan jangan merasa diri kita ini jelek sukuri saja apa yang telah diberikan tuhan kepada kita.
Keuntungan setelah membaca Novel ini Kita akan mendapatkan sumber pengetahuan, hiburan sekaligus menunjukkan penghargaannya kepada pengarang. Oleh karena itu Ayo Buruan Beli Novel ini dijamin menyesal bila tidak membacanya…….!


Oleh:
Erna Wati dan Munifatuz Zuroidah (XI IPA 2)
SMA N 1 Tegaldlimo Tapel 2009/2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar